Tingkatan Kualitas Gambar Film



Bagi pecinta download movie dari internet entah bajakan ataupun hasil dari temen mungkin tidak asing dengan istilah Cam-Rip, DVDRip, TS, BRRip dll. Lalu bagaimanakah dengan kualitas gambar dari istilah-istilah tersebut. Disini akan dibahas bebrapa kualitas yang biasa bertebaran di internet dari kualitas terburuk hingga sangat baik.

1. Cam-Rip atau Cam
Kualitas yang menurut admin sangat buruk karena berasal dari kamera handycam dan suara yang hanya berasal dari microphone built-in atau yang ada di handycam. Oleh hal itulah gambar sering sekali terlihat orang yang lalu lalang dan juga suara bising dari penonton juga ikut terekam. Selain hal tersebut yang paling menyebalkan ialah gambar sering tidak fokus karena kamera handycam yang bergoyang-goyang. Untuk permulaan atau penasaran sama film tersebut boleh didownload karena ini versi yang paling cepat dari film yang tayang dibioskop.

2. TS (TeleSync)
Sama halnya dengan kualitas CAM-Rip namun disini suaranya lebih jernih dibandingkan dengan CAM karena suara yang masuk merupakan dari alat perekam yang berada dekat dengan sumber suara kemudian suara tersebut disatukan dengan hasil rekaman menggunakan aplikasi video editor. Kualitas gambar sesuai dengan peletakan perekam pada saat merekam gambar.

3. R5
DVD yang khusus dibuat untuk 5 regional (Uni Soviet, Mongolia, Korea Utara, India, dan Afrika). Perbedaan mendasar dari R5 dengan versi biasa adalah versi ini diproduksi dengan transfer langsung TeleCine (TC) tanpa adanya proses pengolahan gambar / rendering / enconding.

Karena tidak memiliki standar khusus untuk bajakan R5 biasanya bajakan ini dilabeli dengan TeleCines (TC) DVD Screeners (DVDscr), bahkan hasil dari DVDRip.

  • R0 - Tanpa Region Coding
  • R1 - Amerika dan Kanada
  • R2 - Eropa termasuk Turki, Mesir, Arabia, Jepang, Israel dan Afrika Selatan
  • R3 - Korea, Thailand, Vietnam dan Indonesia
  • R4 - Australia dan Selandia Baru, Mexico, the Carrebean, dan Amerika Selatan
  • R5 - India, Afrika (kecuali Mesir, Afrika Selatan, Swaziland, dan Lesotho), Russia dan pecahan USSR
  • R6 - RRC
  • R7 - Hak Cipta DVD digunakan di masa depan, MPAA terkait dan "salinan media" pra-rilis di Asia
  • R8 - Pesawat terbang atau kapal pesiar
  • R9 - Perluasan (Bebas Regional)
Note: R1 dan R2 biasanya memiliki kualitas terbaik

4. DVDscr atau DVD Screener

Merupakan film hasil salinan dari sebuah promo dvd asli sebelum keluar di pasaran, film ini biasanya hasil rekaman VHS yang didistribusikan melalui toko-toko rental, media, televisi yang bertujuan promosi. Video ini banyak sekali kekurangan adanya tanda watermark dalam video (hanya sebagian scene), terdapat juga tanda preview dibeberapa bagian scene film, atau juga ada beberapa bagian yang berubah menjadi hitam putih yang asalnya full color. Kualitas suara biasanya cukup baik.



5. TVRip
Film jenis ini biasanya direkam saat pemutaran film diputar langsung melalui siaran televisi yang menayangkan. Kualitasnya pun sesuai dengan stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format High Definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya pun akan sangat baik. Biasanya film-film yang disiarkan merupakan episode tv seperti sinetron, drama dan lain sebagainya ada juga film-film bioskop namun ada beberapa bagian scene yang dipotong disensor.

6. DVDRip
Merupakan hasil salinan dari DVD asli yang telah dirilis secara resmi. Kualitasnya menyamai DVD aslinya, disini cuma diambil bagian videonya saja sehingga fitur extra, suara komentar dll telah dihapuskan oleh sih Ripper. Sehingga DVD ini mudah didistribusikan oleh si Ripper, kualitas suara maupun gambar sangat baik (DVD Quality) mendownload sama halnya dengan membeli DVD Asli.

7. HDTV-Rip

Merupakan hasil salinan dari saluran HDTV (High Definition Televisi). Untuk suara dan gambar kualitasnya sangat baik namun biasanya bagian atas atau bawah dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam. Biasanya film ini merupakan siaran TV episode yang biasanya direkam secara digital dari jaringan siaran TV kabel / TV Digital / TV Satelit.

8. BRRip, BDRip / HDRip
Kualitas film ini merupakan paling baik, BR/BD Rip yang dikemas dalam DVD lebih baik daripada kualitas DVD-Rip meskipun ukuran yang sama karena berasal dari sumber yang lebih bagus. Kualitas HD besarnya dapat lebih dari 5GB dengan resolusi sebesar 720p dan 1080p untuk SD dapat lebih kecil dari ukuran file maupun resolusi HD.

sumber sumber 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik diatas, komentar akan dihapus jika
- Berkata kotor
- Menghina
- Memberikan Link Aktif
- Spam