Perbedaan Protokol HTTP dengan HTTPS



HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan suatu protokol yang biasa digunakan pada WWW (World Wide Web), HTTP ini menjelaskan suatu pesan yang dibaca dan dikirim melalui server menuju ke client. HTTP ini juga mengatur perintah-perintah apa saja yang dapat dilakukan oleh webserver dan web browser yang merupakan respon dari perintah yang ada di protokol ini.
Contohnya ketika kita ketikan di web browser sebuah alamat url maka web browser akan mengirim perinntah HTTP ke web server. Webserver tersebut kemudian akan menerima perintah  ini dan akan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas ini dikirim kembali ke web browser untuk ditampilkan, aktivitas ini hanya dapat dilihat oleh web browser.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
HTTPS ini merupakan protokol yang lebih aman dari HTTP atau dengan kata lain protokol ini merupakan kelanjutan dari HTTP yang lebih aman untuk mengirimkan data komunikasi World Wide Web (WWW). Protokol ini ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS juga menyandikan data melalui protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol ini memberikan perlindungan yang baik dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Umumnya port HTTPS ini adalah 443.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik diatas, komentar akan dihapus jika
- Berkata kotor
- Menghina
- Memberikan Link Aktif
- Spam